Wajah Penemu Bitcoin, Ternyata Bukan Jepun Lho

Wajah-Penemu-Bitcoin-Ternyata-Bukan-Jepun-Lho.jpg

Craig Wright aka "Satoshi Nakamoto" si pembuat cryptocurrency, Bitcoin

Sudah lama publik dunia maya heboh dengan adanya mata uang digital, Bitcoin. Namun pernah gak mengusik pikiran anda siapa penemu Bitcoin tersebut? Kini rasa penasaran anda tersebut bisa berakhir karena misteri penemu Bitcoin itu terkuak. Semingguan lalu wajah seorang yang mengaku sebagai “Satoshi Nakamoto,” muncul di media.

“Satoshi Nakamoto” selama ini dianggap sebagai mata uang digital tersebut. Namun disaat muncul ke publik, tak nampak sedikitpun paras asia di menghias wajahnya, tak ada bau Jepang seperti namanya. Itu karena Nama “Satoshi Nakamoto” ternyata hanya samaran Craig Wright, seorang pria warga negara Australia. Wright kukuh berujar ke media BBC bahwa ia lah Satoshi Nakamoto, sang pembuat cryptocurrency terkenal itu.

Untuk membuktikan hal tersebut, Wright menunjukkan berkas pendukung pernyataannya kepada BBC, termasuk bukti kunci cryptographic -yang kemungkinan- hanya Satoshi Nakamoto pemiliknya. Wright mengatakan jika kunci itu menjadi pembuka Bitcoin ketika baru pertama bertransaksi pada tahun 2009 lalu.

Legalitas sosok penemu BitCoin

Komunitas Bitcoin itu sendiri ketika diminta tanggapan tentang klaim Pria Australia sebagai penemu Bitcoin tersebut mengakuinya.

“Anggota terkemuka dari komunitas Bitcoin dan tim inti pengembangannya juga telah mengonfirmasikan klaim Wright,” tulis BBC.

Pengakuan tak berhenti di komunitas saja. Salah satu pendiri Bitcoin Foundation, Jon Matonis ketika melihat bukti yang diajukan Wright pun menjadi yakin jika pria itu adalah si kreator Bitcoin.

“Pada sesi pembuktian di London, saya memiliki kesempatan untuk mengulas data relevan pada tiga hal yang berbeda: cryptographic, sosial, dan teknis,” tutur Matonis.

“Ini adalah keyakinan saya bahwa Craig Wright telah memenuhi ketiga kategori tersebut,” imbuhnya.

Mengapa baru sekarang Penemu Bitcoin muncul

Lalu mengapa dan apa maksud kemunculan penemu mata uang digital Bitcoin itu baru sekarang. Mengapa tidak dulu saja ketika Bitcoin diluncurkan?. Sayang, Craig Wright tak mau berbagi gamblang kenapa jati diri “Satoshi Nakamoto” baru dibuka.

“Saya tidak memutuskan. Saya memiliki orang-orang untuk menentukan masalah ini bagi saya. Dan mereka membuat tidak membuat hidup sulit bagi saya, tetapi bagi teman, keluarga, dan karyawan saya,” ujar Wright.

“Dan saya tidak mau mereka terpengaruh akan hal ini. Jadi saya akan melakukan ini sekali dan hanya sekali, saya hanya akan muncul sekali di depan kamera, dan tidak akan muncul lagi untuk stasiun televisi mana pun atau media apa pun,” imbuhnya.

Dalam wawancara dengan media BBC tersebut, Wright si Penemu Bitcoin yang ternyata bukan Jepun itu juga berucap ia akan menolak semua hadiah atau penghargaan terkait Bitcoin yang mungkin akan diterimanya di masa yang akan datang.

Sharing di...

PinIt

About sisaku

Be happy not because everything's perfect nor because everything goes your way. Be happy because everything s*cks but you are doing just fine. Well,.. Some people are going to leave, but that's not the end of your story. That's the end of their part in your story.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *