Tingkat Bootloop Android Dan Solusi Mengatasinya

  • Tingkat-Bootloop-hard-bootloop.jpg
  • 1-Tingkat-Bootloop-hard-bootloop.jpg
  • 2-Tingkat-Bootloop-medium-bootloop.jpg
  • 3-Tingkat-Bootloop-light-bootloop.jpg
  • 4-Pengertian-Tingkat-Bootloop.jpg
  • 5-Tingkat-Bootloop-Android-Dan-Solusi-Mengatasinya.jpg

Karena pakai OS android bawaan itu terlalu mainstream! Mangkanya pengguna android pada gatel ngerubah sistem operasi smartphonenya. Sebenarnya emang gak beda dengan OS komputer nyang bisa kita rubah sesuka hati tergantung spesifikasi yang kita punya. Begitupun android yang bisa fleksibel dimodifikasi OS nya. (maksudnya orang yang sudah ahli merubahnya dan end user tinggal ngikutin langkah untuk merubahnya). Beda dengan Komputer yang saat salah instal bisa di re-instal, Kalau Android tidak. Salah instal, alamat bootloop. Dan resiko terparah adalah ketemu kakaknya bootloop yaitu hardbrick! Itulah mengapa pengguna robot hijau paling gak kudu tau tingkat bootloop android dan solusi mengatasinya.

Jika saban hari kerjaan anda -entah kerjaan apa- tak lepas dari android, apalagi terbilang hobi berkutat ngutak-atik serta ngoprek android, maka dua kata diatas perlu anda tau sampai pada cara mengatasinya. Jangan sampai gagal paham dan akhirnya ketika smartphone anda kena bootloop, tinggal bawa ke tukang service. Itu mah nenek-nenek juga tua.

Intinya, selama yang kita acak-acak adalah software dalam bentuk aplikasi atau apalah namanya, berarti kecil kemungkinan akan merusak hardware. Nah, selama software yang ‘betingkah’ harusnya masih ada jalan keluarnya. Berikut solusi tingkatan bootloop versi ISISAKU dot com.

Sebelum kita minjem gaya tukang service buat ngatasin penyakit android, mendingan tahu dulu kalau yang dimaksud dengan sistem bootloop itu adalah smartphone android nyang gagal masuk sistemnya. Istilah kata, untuk berdaya guna perangkat android anda itu nyangkut pada bagian boot tertentu. Apa pada saat bootloader (gambar waktu nyala) atau pas bootanimation (gambar animasi saat hendak masuk sistem).

Umumnya bootloop terjadi jika sistem terhenti pada dua kasus diatas, meski upgrade sistem juga tidak menutup kemungkinan terjadinya bootloop. Pokoke gini aja, kalau masih namanya bootloop artinya masuk kategori rusak kelas menengah. Karena masih dimungkinkan bisa mencapai fastboot android.

Tingkat Bootloop Android Dan Solusinya

Jenis tingkatan bootloop digolongkan kedalam tiga jenis, yaitu:

<strong>Light Bootloop</strong>

Jenis tingkat bootloop ini terbilang jenis paling ringan. pemicunya biasa saat menginstal file APK, maen game atau apa saja (bisa jadi lagi apes) tiba-tiba ponsel anda mati, nge-reboot dan bootloop. Saat dicoba menyalakannya lagi tetap saja anteng di bootloop. Solusinya pun masuk ke dalam golongan mudah.

Beri waktu android anda untuk bernapas, diamkan sejenak lalu copot baterainya. Sekitar 15-20 menit pasang kembali baterainya dan nyalakan. Di tahap ini harusnya android anda bisa berjalan normal, bila tidak berarti tingkatan bootloop anda lebih tinggi.

<strong>Medium Bootloop</strong>

menjejali custom recovery kedalam android anda cukup riskan, termasuk menginstal file berekstension zip dari custom recovery itu sendiri. Isu isi kabar burung burung tentang Custom recovery yang memiliki kemampuan lebih baik dari recovery bawaan memang tak bisa dipungkiri. Tapi, anda harus tahu jika tidak semua custom recovery itu sama. Jadi pastikan saja anda memang menjejali android anda dengan custom recovery yang tepat.

Custom recovery nyang marak di dunia oprekan android karena men-support beragam tipe perangkat android cuma ada dua. Yaitu PhilZ Touch atau CWM dan TWRP. Nah, ketika anda mengalami bootloop karena menginstal file zip lewat custom recovery, anda bisa menginstal ROM terakhir yang anda gunakan sebelum terjadi bootloop. Pilih menu wipe cache selanjutnya menu dalvik atau art, lalu restart. Maka bootloop anda teratasi.

<strong>Hard Bootloop</strong>

Ini golongan bootloop parah sebelum bertemu hardbrick. Anda hanya sampai pada tahap bootloader saja tidak bisa masuk recovery mode, tapi masih bisa masuk fastboot dengan menggunakan kombinasi -yang umum- tombol Power + Down saat ponsel pintar anda nge-reboot pas sebelum perangkat anda itu menyala.

Anda masih bisa mengatasinya sendiri tanpa perlu ngerusuh tukang service. Pada mode fastboot, yang perlu dilakukan adalah mereset ulang ROM perangkat ponsel android anda lewat Laptop/PC. Jelas anda butuh software tambahan yaitu Odin juga SP Flash untuk ponsel merek Acer, Axio, Advan, HTC dan lain sebagainya.

Penggunaan dua software tambahan tersebut tak jauh beda bila keputusan terakhir anda menyingkirkan bootloop itu memakai fastboot. Yang beda hanya setiap merek punya kode fastboot unik untuk bisa dikenali software tersebut melalui komputer. Siapkan sistem image (stock ROM) model perangkat anda dan lakukan proses re-stock. Anda bisa menemukan referensi cara me-restock bermacam android di forum XDA Developer.


Catatan: me-reboot perangkat berulang kali malah kemungkinan bisa bikin hardbrick lebih besar (dan itu masuk golongan tingkat bootloop android terparah). Anda akan mati kutu menghadapi hardbrick dan solusinya asli mampir ke tempat service android. Jadi istirahatkan android anda akibat didera panas dari booting berulang-ulang.

Demikian informasi mengenai tingkat bootloop android serta solusi mengatasinya. Semoga bisa membantu anda yang bermasalah dengan bootloop. Selamat mencoba.

Sharing di...

PinIt

About sisaku

Be happy not because everything's perfect nor because everything goes your way. Be happy because everything s*cks but you are doing just fine. Well,.. Some people are going to leave, but that's not the end of your story. That's the end of their part in your story.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *