Smartfren: Nyang Comel Speed Disiapin 3-CA

Comel-Speed-Disiapin-3-CA.jpg

Kecepatan transfer data nyang biasa digunakan masing-masing pengguna tentu berbeda. Jika kebutuhan hanya untuk browsing dan BBM-an saja, operator layanan telekomunikasi di Indonesia rata-rata sudah menyediakannya. Tapi berbeda jika kebutuhan internet itu adalah download. Mereka para “downloader” selalu mencari operator nyang sudah dikenal kehandalannya dalam menyediakan koneksi internet kecepatan tinggi. Downloader comel urusan speed. Seberapa pun speed diberikan operator seluler sekarang, masih saja kurang dan tidak bisa memfasilitasi hajat tukang download.

Hal itu seperti dikatakan pihak operator seluler Smartfren nyang menyebut perkara speed cenderung dipersoalkan sebagian pengguna.

“Yang mengukur speed biasanya para downloader, orang-orang yang butuh donwload banyak, misalnya yang suka film atau torrent, ” ujar Vice President Technology Relations and Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo, saat ditemui usai acara peluncuran smartphone Andromax A dan Andromax E2+ di Jakarta, Kamis (2/6/2016).

“Yang selalu mempersoalkan speed adalah mereka,” tambah Munir, sembari menjelaskan jika kecepatan stabil, maka speed 2 Mbps sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk streaming di jaringan 4G LTE

Munir mengatakan, yang lebih penting diperlukan pengguna adalah stabilitas jaringan saat berselancar dalam menikmati beragam konten internet, ketimbang kecepatan. Namun ia tak menampik akan speed tinggi nyang dibutuhkan pelanggan seiring perkembangan ragam konten nyang disalurkan.

“Pasti nanti akan ada yang membutuhkan juga, misalnya untuk live broadcasting lewat internet,” ujarnya.

Nyang comel speed disiapkan 214 Mbps

Bicara kecepatan koneksi, kini Smartfren sedang mengaduk tehnologi 3-band carrier agregation (3-CA) yang diklaim mampu menerobos kecepatan transfer data hingga 214 Mbps. Speed tinggi Smartfren tersebut dihasilkan dari penggabungan 3 kanal 4G, yaitu dua kanal di frekuensi TDD 2.300 MHz dengan masing-masing lebar pita 20 MHz dan 10 MHz, serta satu kanal di lebar pita 10 MHz dengan frekuensi FDD 850 Mhz.

Munir mengatakan jika Smartfren saat sekarang sedang masuk dalam tahap uji coba teknologi 3-CA tersebut, namun kesiapan jaringan 4G LTE Smartfren di semua wilayah yang mencakup 188 kota sudah siap menjalankan 3-CA saat diluncurkan nanti.

Nyang Comel Speed tapi gak bisa pake 214 Mbps

Biar kata smartphone bagus, ponsel pintar, tapi gak support teknologi 3-CA tetap saja gak akan bisa menikmati internet kecepatan tinggi hingga 214 Mbps. Munir mengingatkan untuk terhubung ke internet lewat 3-CA Smartfren, paling tidak ponsel itu sudah mendukung LTE Cat.9. Dan ponsel nyang sudah mendukung jaringan LTE Cat.9 biasanya adalah ponsel kelas atas dibekali chipset high-end seri Snapdragon 808 ke atas dari Qualcomm.

“Jadi, saat membeli handset, kita harus perhatikan kemampuannya, apakah sudah mendukung Cat.9 atau belum. Kalau belum ya tidak bisa,” pungkas Munir.

Urusan speed internet memang jadi perkara gampang-gampang susah. Ngidamnya pengen bisa dapet internet cepet, giliran tersedia nyang cepet eh malah gadgetnya gak ndukung, Truss salah gue…

Sharing di...

PinIt

One thought on “Smartfren: Nyang Comel Speed Disiapin 3-CA”

  1. pindah smartfren saja ah 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *