Jokowi Mengincar Gerhana Matahari Total Pulau Belitung

Jalur-Membenah-Gerhana-Matahari-Total-di-Tengah-Bangka.jpg

Akan kemana rencananya anda menyaksikan detik munculnya Gerhana? gimana kalau barengan Jokowi mengincar Gerhana Matahari Total 2016 -yang cuma tinggal berapa hari lagi- di Pulau Belitung? Karena Belitung punya acara nonton Gerhana bareng Presiden RI, Joko Widodo. Berderet dibelakangnya masih ada sejumlah musisi, koreografer serta novelis kaliber nasional yang ikut andil menyemarakkan peristiwa langit langka itu.

Menjadi satu kebanggaan bagi Belitung karena pilihan Presiden Jokowi untuk menyaksikan Gerhana Matahari Total 2016 ada di Negeri Laskar Pelangi.

Kepala Dinas Pariwisata Bangka Belitung, Tadjudin mengatakan adalah satu kehormatan tersendiri bisa melihat detik-detik datangnya Gerhana Belitung bersama Presiden Jokowi, para turis dan masyarakat Belitung. Untuk itu Dinas Pariwisata akan mengelar event pagelaran “Mendulang Timah” kolosal karya Andrea Hirata.

Tadjudin juga mengatakan jika musisi Dwiki Dharmawan dan koreografer Eko Pece Supriyanto ikut ambil peran saat puncak acara Gerhana Matahari di Belitung nanti, yang akan dimulai setelah gerhana lewat sekitar jam 9 pagi.

Sinopsis yang diangkat dalam suguhan gerhana ini adalah buah karya putra daerah Belitung yang dikenal mancanegara hingga mengangkat bagian wilayah pulau timah ini menjadi lirikan wisata dunia karenanya. Mengedepankan kearifan budaya lokal yang menjadi kegiatan asli masyarakat pulau Belitung.

“Andrea Hirata adalah termasuk orang berjasa yang mengangkat nama Belitung lewat film dan trilogi Laskar Pelangi. Dalam pagelaran Gerhana nanti dia akan menampilkan keaslian masyarakat kami lewat seni kolosal. Nantinya akan banyak tarian dengan tubuh penari berlumur timah. Penuh penguatan tata artisitik menjadi karya seni yang patut disaksikan,” ujar Tadjudin, dalam keterangannya, Senin (29/2).

Belitung mentargetkan 100.000 turis lokal dan 10.000 turis asing akan hadir menyaksikan peristiwa total Gerhana Matahari 2016 Belitung nanti. Informasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga menyatakan sebanyak 150 astronom asal Amerika Serikat akan berkunjung ke Kabupaten Belitung untuk membedah gerhana.

“Belitung itu gak jauh-jauh amat, paling cuma 45 menitan dari Jakarta. Silakan ke Tanjung Kelayang, Belitung, Negeri Laskar Pelangi. Sambil menikmati pantai, dan aneka wisata bahari di sana,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam siaran pers Senin, 29 Februari 2016.

Arief menuturkan gerhana itu juga bisa dilihat di Pulau Jawa termasuk Jakarta. Namun, tidak 100 % bulat berbentuk cincin, cuma 88,76 persen. Titik 100 persen Gerhana Matahari Total hanya melewati 12 wilayah Indonesia yaitu Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Kalimbantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Kalimantan Utara.

“Silakan pilih, ada total 100 event menyambut gerhana di 12 titik wilayah kota itu,” ujar Arief lagi.

Sekarang -sebelum waktunya tiba- ambil keputusan cepat, akan kemana anda memburu Gerhana. Ikutan Jokowi Mengincar Gerhana Matahari Total di Pulau Belitung, yok.

Sharing di...

PinIt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *