Harga VPN Opera, Gratis Gak Pake Duit Cuy!

Harga-VPN-Opera-Gratis-Gak-Pake-Duit-Cuy.png

Ini gaya baru Opera. Salah satu perambah dunia maya yang popularitasnya menurun beberapa waktu lalu, kini bangkit. Browser berlogo huruf “O” warna merah ini promosi gila dengan mengintegrasikan virtual private network (VPN) itu tubuhnya. Jelas, ini menggelitik para pecandu internet untuk mencoba fitur baru Opera tersebut. Fitur yang teorinya bisa menjebol situs yang kena blok. Trus,.. berapa harga VPN opera itu sih. Gratis gak pake duit, cuy!

Sekedar mengingat, fungsi VPN saat menjelajah dunia maya adalah memanipulasi tempat dimana kita berada saat mengakses internet. Jadi akan menjadi mimpi buruk bagi mereka yang mencoba melacak keberadaan kita di dunia maya, sangat sulit karena posisi kita dialihkan.

Disaat semua orang harus membayar bulanan untuk bisa menikmati fitur VPN tersebut, Gak banyak emang paling cuma kisaran $3 sampai $4 per bulan. Opera malah menggarap VPN ke dalam browsernya hingga membuat browser Opera beda dengan browser tetangga. Kalo di ingat keperkasaan VPN browser Opera bukan barang baru, karena sejatinya pengguna Opera sudah memiliki itu sejak dulu. Hanya saja fasilitas virtual private network tersebut baru bisa dirasakan user dengan menunggu lama hingga halaman situs bernar-benar sempurna termuat dilayar.

“Hingga saat ini, kebanyakan layanan VPN dan server proxy cukup terbatas dan berbayar, Opera ingin membuat VPN tersedia untuk semua orang,” papar Opera dalam keterangan tertulis, Jumat (22/4/2016).

Gaya VPN Opera

“VPN (di Opera) sekarang bekerja out-of-the-box dan tidak memerlukan langganan apapun, Opera membuat VPN tersedia untuk semua orang,” kata Krystian Kolondra, Senior VP global engineering Opera.

Sebagian tempat kerja dan perusahaan menerapkan kebijaksanaan pemblokiran terhadap situs tertentu yang diduga bisa menggangu efektifitas dan efisiensi para pekerja dikantor. Namun kini Opera punya gaya beda dengan fitur miliknya. Pemblokiran situs menjadi masa lalu, karena website apapun yang anda akses mestinya bisa tembus meski kantor memblokirnya.

Fasilitas VPN Opera

Mainan VPN di browser sudah ada sejak dulu. Hanya saja pecandu internet kudu menggunakan aplikasi pihak ketiga, itupun berbayar. Kalo ada nyang gratis fasilitas yang dimiliki tidak maksimal. Tapi kini Opera mengintegrasi VPN secara langsung gegara sukses mengakuisi SurftEasy yang menyediakan VPN berbayar pada Maret 2016 lalu.

Pada akhirnya dengan berani Opera menulis bahwa mereka lah Browser pertama yang punya VPN gratis tanpa batasan.

Meski gak pake harga, bukan berarti rilis VPN Opera kalah sakti dengan layanan berbayar sejenis. Tengok saja layanan enkripsi 256-bit nya. Opera dengan VPN nya bisa menyembunyikan alamat IP pengguna hingga bisa menembus situs regional yang diblokir dengan lebih aman, VPN besutan Opera pun diklaim bisa melindungi Wi-Fi jadi anda browser anda terlindung saat terhubung dengan fasilitas Wi-Fi publik.

“Pengguna Opera desktop kami mendapatkan cara praktis untuk meningkatkan privasi online mereka, serta akses mudah ke semua konten online favorit mereka tidak peduli di manapun mereka berada,” kata SVP Opera, Krystian Kolondra.

Jika anda masih menggunakan VPN gratis nyang gak jelas, anda tentu bosan melihat tampilan iklan menjamur nyaris diseluruh halaman web. Pindah deh, karena Opera juga punya fitur blokir iklan. Anda akan terkejut bagaimana Browser berlogo huruf “O” merah itu mendongkrak akses halaman di internet 90 persen lebih cepat. Sungguh fitur yang sangat berguna bagi maniak internet yang menggunakan paket data atau kuota.

Launching VPN Opera

Server model VPN Opera ini baru meluncur ke tiga negara, yakni: Kanada, Amerika Serikat dan Jerman. Bagi negara lain -termasuk- Indonesia penambahan server dijanjikan saat update versi Opera yang akan datang.

VPN akan berfungsi hanya pada Opera Developer versi dekstop. Untuk itu pengguna harus menginstal aplikasi versi Developer tersebut lewat situs resminya di www.opera.com/developer. Fitur VPN Opera versi smartphone baru akan dirilis kedepannya nanti.

Cara mengaktifkan VPN Opera sangat mudah. Setelah selesai diunduh, cukup mengklik menu dengan lambang “O”, lalu pilih “Settings” atau “Preference”. Untuk pengguna Mac, pilih menu “Privacy & Security” lalu aftifkan fitur VPN.

Dilema VPN Opera

Semarak berita dan beragam informasi dunia maya yang bisa diakses dari tehnologi VPN ini tentu sangat mengembirakan para pengguna internet. Karena kini tak ada lagi yang bisa membatasi ruang gerak menjelajah itu. Namun kelebihan Browser Opera dengan fitur baru yang diusungnya tersebut menuai pro kontra. VPN Ibarat pisau bermata dua. Satu sisi penggunaan internet menjadi optimal tanpa ganjalan, Sebelah sisi lagi ditakutkan “mengancam” jiwa para pengguna itu sendiri. Karena bisa mengakses konten negatif dari situs yang memang tak selayaknya dibuka.

Gak usah pake VPN Opera, kalau masalah “lendir” internet mah, no komeng. Rambut sama hitam, perkara hati tak ada nyang tau.

Sharing di...

PinIt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *